Apakah kalian punya Flash Disk ? Benda kecil yang sering kita bawa selain handphone. Barang kecil tapi penting ini mungkin sudah menjadi must-bring-item ke mana pun kamu pergi. Tapi mungkin saking kecilnya, kamu enggak peduli dengan perawatannya. Hasilnya ? Flashdisk kesayanganmu umurnya gak panjang deh. Jangan sampai data-data pentingmu hilang begitu saja karena ketidakpedulian kamu dengan Flashdiskmu. Nah inilah beberapa tips merawat Flashdisk, khusus buat kamu !

1. Hindarkan dari suhu panas langsung maupun tidak langsung (kalau habis kecemplung ? Kan harus dikeringkan. He…..).
Jangan pernah meninggalkan Flashdiskmu di atas dashboard mobil atau motor. Kenapa ? Karena Flashdisk itu terdiri dari komponen-komponen yang bakal memuai kalau terkena panas.

2. Hindari dari air.
Air bisa membuat Flashdisk kesayangmu konslet.

3. Jauhkan dari medan magnet Flashdisk itu terdiri atas chips atau logam kecil yang gampang banget terpengaruh dengan sumber medan magnet.
Nah, makanya jangan taruh Flashdiskmu di dekat TV, radio, dan bahkan handphone yang menghasilkan gelombang radio dan magnet.

4. Hindari benturan yang keras!
Emang sih ada beberapa produsen yang mengklaim Flashdisk produknya anti shock (benturan), tapi kan lebih baik mencegah daripada menyesal di kemudian hari.

5. Jangan langsung mencabut Flashdisk ketika selesai digunakan.
Lakukan metode eject atau stop untuk mematikannya sebelum dicabut. Tunggu sampai operasi selesai dijalankan (safe remove).

6. Selalu tutup Flashdiskmu sebelum bila sedang tidak digunakan.Debu dan kotoran bisa mengakibatkan proses baca tulis gagal.

7. Jangan mengedit langsung di Flashdiskmu !
Hal ini bisa memperpendek umur Flashdiskmu. Usahakan copy data ke PC dulu. Baru kemudian lakukan pengeditan di PC. Setelah selesai, baru copy data ke Flashdisk.

8. Lakukan defragment pada Flashdiskmu secara berkala.
Kenapa ? Supaya data di dalam Flashdiskmu terstruktur. Dengan begitu kinerja Flashdiskmu bisa lebih optimal.

9. Jangan pernah memasukan Flashdiskmu ke komputer yang tidak punya antivirus. Kecuali di Flashdiskmu punya antivirus yang bisa langsung digunakan. Setelah penggunaan, scan Flashdiskmu agar aman dari virus.

Ayo peduli Flashdiskmu, mulai dari sekarang !

SUMBER
PIKIRAN RAKYAT
Dengan berbagai perubahan